Pengadilan Negeri Sawahlunto
MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA
PENGADILAN NEGERI SAWAHLUNTO
Jl. Datuak Nan Sambilan No.3, Kandi, Kota Sawahlunto - 27425

LKE ZI

LEMBAR KERJA ELEKTRONIK EVALUASI ZONA INTEGRITAS (ZI) MENUJU WBK/WBBM

SATUAN KERJA : PENGADILAN NEGERI SAWAHLUNTO
Tahun : 2023
PENILAIAN Bobot Jawaban Nilai % Keterangan
A. PENGUNGKIT (60) 60,0 60 100,00%
I. PEMENUHAN (30) 30,0 30 100,00%
1. Manajemen Perubahan 4,0 4,00 100,00%
i Penyusunan Tim Kerja 0,5 0,50 100,00%
a. Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas YA 1 Evidence
b. Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas A 1 Evidence
ii Rencana Pembangunan Zona Integritas 1,0 1,00 100,00%
a. Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM YA 1 Evidence
b. Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM A 1 Evidence
c. Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM A 1 Evidence
iii Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM 1,0 1,00 100,00%
a. Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana A 1 Evidence
b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas A 1 Evidence
c. Hasil Monitoring dan Evaluasi telah ditindaklanjuti A 1 Evidence
iv Perubahan pola pikir dan budaya kerja 1,5 1,50 100,00%
a. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM YA 1 Evidence
b. Sudah ditetapkan agen perubahan A 1 Evidence
c. Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi A 1 Evidence
d. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM A 1 Evidence
2. Penataan Tatalaksana 3,5 3,50 100,00%
i Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama 1,0 1,00 100,00%
a. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi A 1 Evidence
b. Prosedur operasional tetap (SOP) telah diterapkan A 1 Evidence
c. Prosedur operasional tetap (SOP) telah dievaluasi A 1 Evidence
ii Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2,0 2,00 100,00%
a. Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi A 1 Evidence
b. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi A 1 Evidence
c. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi A 1 Evidence
d. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik A 1 Evidence
iii Keterbukaan Informasi Publik 0,50 0,50 100,00%
a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan A 1 Evidence
b. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik A 1 Evidence
3. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur 5,0 5,00 100,00%
i Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi 0,25 0,25 100,00%
a. Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan YA 1 Evidence
b. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan A 1 Evidence
c. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja YA 1 Evidence
ii Pola Mutasi Internal 0,50 0,50 100,00%
a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan YA 1 Evidence
b. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan A 1 Evidence
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja YA 1 Evidence
iii Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi 1,25 1,25 100,00%
a. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi YA 1 Evidence
b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai A 1 Evidence
c. Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan A 1 Evidence
d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya A 1 Evidence
e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring) A 1 Evidence
f. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja A 1 Evidence
iv Penetapan Kinerja Individu 2,00 2,00 100,00%
a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi A 1 Evidence
b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya A 1 Evidence
c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik A 1 Evidence
d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward YA 1 Evidence
v Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai 0,75 0,75 100,00%
a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan A 1 Evidence
vi Sistem Informasi Kepegawaian 0,25 0,25 100,00%
a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala A 1 Evidence
4. Penguatan Akuntabilitas 5,0 5,00 100,00%
i Keterlibatan Pimpinan 2,50 2,50 100,00%
a. Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan A 1 Evidence
b. Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja A 1 Evidence
c. Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala A 1 Evidence
ii Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja 2,50 2,50 100,00%
a. Dokumen perencanaan kinerja sudah ada YA 1 Evidence
b. Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil YA 1 Evidence
c. Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU) YA 1 Evidence
d. Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART A 1 Evidence
e. Laporan kinerja telah disusun tepat waktu YA 1 Evidence
f. Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja A 1 Evidence
g. Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja YA 1 Evidence
h. Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja A 1 Evidence
5. Penguatan Pengawasan 7,5 7,50 100,00%
i Pengendalian Gratifikasi 1,50 1,50 100,00%
a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi A 1 Evidence
b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan A 1 Evidence
ii Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) 1,50 1,50 100,00%
a. Telah dibangun lingkungan pengendalian A 1 Evidence
b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan A 1 Evidence
c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi A 1 Evidence
d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait A 1 Evidence
iii Pengaduan Masyarakat 1,50 1,50 100,00%
a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan A 1 Evidence
b. pengaduan masyarakat dtindaklanjuti YA 1 Evidence
c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat A 1 Evidence
d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti A 1 Evidence
iv Whistle-Blowing System 1,50 1,50 100,00%
a. Whistle Blowing System telah diterapkan A 1 Evidence
b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System A 1 Evidence
c. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti A 1 Evidence
v Penanganan Benturan Kepentingan 1,50 1,50 100,00%
a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama A 1 Evidence
b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi A 1 Evidence
c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan A 1 Evidence
d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan A 1 Evidence
e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti A 1 Evidence
6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 5,0 5,00 100,00%
i Standar Pelayanan 1,00 1,00 100,00%
a. Terdapat kebijakan standar pelayanan A 1 Evidence
b.Standar pelayanan telah dimaklumatkan A 1 Evidence
c. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan A 1 Evidence
d. telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan YA 1 Evidence
ii Budaya Pelayanan Prima 1,00 1,00 100,00%
a. Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima A 1 Evidence
b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media A 1 Evidence
c. Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan A 1 Evidence
d. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar A 1 Evidence
e. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi A 1 Evidence
f. Terdapat inovasi pelayanan A 1 Evidence
iii Pengelolaan Pengaduan 1,00 1,00 100,00%
a. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor! A 1 Evidence
b. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan A 1 Evidence
c. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi A 1 Evidence
iv Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan 1,00 1,00 100,00%
a. Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan A 1 Evidence
b. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka A 1 Evidence
c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat A 1 Evidence
v Pemanfaatan Teknologi Informasi 1,00 1,00 100,00%
a. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan A 1 Evidence
b. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi YA 1 Evidence
c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus A 1 Evidence
II. REFORM (30) 30,0 30 100,00%
1. Manajemen Perubahan 4,0 4,00 100,00%
i Komitmen dalam perubahan 2,00 2,00 100,00%
a. Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun)
– Isi Jumlah Agen Perubahan
– Isi Jumlah Perubahan yang dibuat
I 1,00 Evidence
b. Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen I 1,00 Evidence
ii Komitmen Pimpinan 1,00 1,00 100,00%
a. Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan A 1 Evidence
iii Membangun Budaya Kerja 1,00 1,00 100,00%
a. Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari A 1 Evidence
2. Penataan Tatalaksana 3,5 3,50 100,00%
i Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan 0,50 0,50 100,00%
a. Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan A 1 Evidence
ii Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi 1,00 1,00 100,00%
a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien A 1 Evidence
b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien A 1 Evidence
iii Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat 2,00 2,00 100,00%
a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal A 1 Evidence
b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal A 1 Evidence
Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal A 1 Evidence
3. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur 5,0 5,00 100,00%
i Kinerja Individu 1,50 1,50 100,00%
a. Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya A 1 Evidence
ii Assessment Pegawai 1,50 1,50 100,00%
a. Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai A 1 Evidence
iii Pelanggaran Disiplin Pegawai 2,00 2,00 100,00%
a. Penurunan pelanggaran disiplin pegawai I 1,00 Evidence
4. Penguatan Akuntabilitas 5,0 5,00 100,00%
i Meningkatnya capaian kinerja unit kerja 2,0 2,00 100,00%
a. Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih I 1,00 Evidence
ii Pemberian Reward and Punishment 1,50 1,50 100,00%
a. Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi A 1 Evidence
iii Kerangka Logis Kinerja 1,50 1,50 100,00%
a. Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai? A 1 Evidence
5. Penguatan Pengawasan 7,5 7,50 100,00%
i Mekanisme Pengendalian 2,50 2,50 100,00%
a. Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang A 1 Evidence
ii Penanganan Pengaduan Masyarakat 3,00 3,00 100,00%
a. Persentase penanganan pengaduan masyarakat I 1,00 Evidence
iii Penyampaian Laporan Harta Kekayaan 2,00 2,00 100,00%
Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) I 1,00 Evidence
Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) I 1,00 Evidence
6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik 5,0 5,00 100,00%
i Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik 2,50 2,50 100,00%
a. Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
1. Kesesuaian Persyaratan
2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
3. Kecepatan Waktu Penyelesaian
4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis
5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
6. Kompetensi Pelaksana/Web
7. Perilaku Pelaksana/Web
8. Kualitas Sarana dan prasarana
9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
A 1 Evidence
b. Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
1. Waktu lebih cepat
2. Pelayanan Publik yang terpadu
3. Alur lebih pendek/singkat
4 Terintegrasi dengan aplikasi
100 1,00 Evidence
ii Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi 2,50 2,50 100,00%
Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab A 1 Evidence
TOTAL PENGUNGKIT 60,00 30 100,00%
B. HASIL (40) 40,0 39,73 99,33%
1. BIROKRASI YANG BERSIH DAN AKUNTABEL 20 22,41 99,60%
a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal) 17,5 3,98 17,41 99,50 % SPAK
Evidence
b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya 5 5 5,00 100,00 % SKP Pegawai Tahun 2022
Evidence
2. PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA 20 17,32 98,97%
a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal) 17,5 3,96 17,32 99,00 % SKM
Evidence
TOTAL HASIL 40,00 39,73 99,33%
Nilai Pembangunan ZI 100 99,73 99,73%
Skip to content