Sosialisasi Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya

Bertempat diruang sidang utama, hari ini Senin tanggal 10 Desember 2018, Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto, Bapak Nasri, S.H., M.H. mengumpulkan seluruh pegawai pengadilan dalam rangka sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya.

Sosialisasi ini juga telah diselengarakan pada 14 September 2017 yang lalu. Sesuai Perintah, Hari ini sosialisasi kembali dilaksanakan.

Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya, merupakan landasan dan acuan untuk menyikapi berbagai kejadian yang mencoreng wibawa Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Dibawahnya.

Oleh karena itu, Pimpinan atau Atasan langsung diwajibkan untuk melakukan Pengawasan secara berjenjang dan melakukan Pembinaan baik didalam maupun diluar kedinasan secara berkala dan berkesinambungan. Hal ini ditujukan guna meningkatkan efektifitas pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dan pelanggaran perilaku hakim.

Maklumat ini menjadi pedoman bagi Pimpinan atau Atasan langsung untuk memastikan tidak ada lagi Hakim dan Aparatur yang dipimpinnya melakukan perbuatan yang merendahkan wibawa, kehormatan dan martabat Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya.

Sebagai Konsekuensinya Mahkamah Agung akan memberhentikan Pimpinan atau Atasan langsung yang terbukti tidak melaksanakan Pengawasan dan Pembinaan secara berkala dan berkesinambungan. Selain itu, Mahkamah Agung juga tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Hakim maupun Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya jika melakukan tindak Pidana dan diproses di Pengadilan.

LIHAT JUGA  Kegiatan Wirid 28 September 2017 di Pengadilan Negeri Sawahlunto

Dalam Kategori: Kegiatan

Beri tanggapan (0)