Sosialisasi Perma Nomor 8 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik

Sawahlunto (07/02/2024), Pengadilan Negeri Sawahlunto menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Perma Nomor 8 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2020 tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pidana di Pengadilan Secara Elektronik. Kegiatan ini diselenggarakan di conference room Pengadilan Negeri Sawahlunto dan dihadiri oleh seluruh aparatur PN Sawahlunto, Kejaksaan Negeri Sawahlunto, Kepolisian Resor Sawahlunto dan Perwakilan advokat Posbakum PN Sawahlunto. Materi sosialisasi disampaikan oleh Panitera Muda Hukum Pengadilan Negeri Sawahlunto, Bapak Sarman, S.H.

Perma ini menyempurnakan sistem pengadilan elektronik untuk perkara pidana yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 dan memperkuat implementasi administrasi perkara pidana terpadu secara elektronik sebagaimana diatur dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor 239/KMA/SK/VIII/2022 tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara Pidana Terpadu Secara Elektronik.

Pada tahun 2022, Mahkamah Agung telah memiliki sistem informasi pengadilan untuk perkara pidana yang mengakomodir proses administrasi perkara secara elektronik antara penegak hukum dengan pengadilan yaitu “e-Berpadu”. Salah satu perubahan penting dalam Perma Nomor 8 Tahun 2022 adalah materi muatan administrasi perkara yang mengatur prosedur transaksi data dan dokumen antara pengadilan dan penegak hukum lain merujuk pada poses kerja yang berbasis aplikasi. Hal ini berbeda dengan Perma Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur proses administrasi perkara antara pengadilan dan penegak hukum lain menggunakan sarana pos-el dari penegak hukum karena pada saat itu sistem informasi pengadilan untuk perkara pidana belum terbangun.

Untuk mengetahui lebih detail tentang Perma Nomor 8 Tahun 2022, silahkan kunjungi link berikut ini :
https://pn-sawahlunto.go.id/artikel/pembaruan-teknis-dan-manajemen-perkara-dalam-perma-nomor-8-tahun-2022/

LIHAT JUGA  Sosialisasi Pelaksanaan Evaluasi Penguatan Kompetensi Teknis Bidnag Tugas (PKTBT)

Dalam Kategori: Berita PN

Beri tanggapan (0)