Ketua Mahkamah Agung Hadiri Governing Council ALA ke 42

Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., hadir pada acara Governing Council ke 42 ASEAN Law Association (ALA) secara virtual pada Kamis, 11 November 2021 di ruang Conference Centre Mahkamah Agung, Jakarta.

Pada acara yang diselenggarakan oleh ALA Kamboja ini, Prof. Syarifuddin memperkenalkan diri sebagai Ketua ALA Indonesia yang baru. Mantan Kepala Badan Pengawasan tesebut menggantikan Hatta Ali yang telah memasuki masa pensiun pada tanggal 1 Mei 2020 lalu.

Pada kesempatan itu, Prof. Syarifuddin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Hatta Ali atas pengabdiannya sebagai Presiden ALA periode 2012 sampai 2015 dan juga sebagai Ketua ALA Indonesia periode 2015 sampai Oktober 2021.

Dalam sambutannya, Prof. Syarifuddin menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama dalam sejarah ALA, sebuah pertemuan Governing Council dapat diselenggarakan secara online. Pertemuan ini juga bersejarah bagi ALA, karena Kamboja telah berhasil menyelenggarakan pertemuan Governing Council untuk pertama kalinya.

“Oleh karena itu saya mewakili ALA Indonesia ingin memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Presiden dan Sekretaris Jenderal ALA yang telah membuat pertemuan ini dapat terselenggara dengan baik. Penghargaan dan terima kasih juga kepada Ketua ALA Kamboja sebagai tuan rumah yang telah menyelenggarakan pertemuan ini dengan sukses,” ujar mantan Ketua Pengadilan Negeri Bandung.

“Saya berharap, dengan pengalaman sebagai tuan rumah, ke depannya ALA Kamboja akan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan ALA lainnya secara onsite di Kamboja, suatu negara yang terkenal akan warisan budaya dan keindahan alamnya,” tambah Prof. Syarifuddin.

Menurut pria kelahiran 17 Oktober 1954 ini, pertemuan Governing Council kali ini menjadi re-komitmen bahwa pandemi COVID-19 tidak dapat menghalangi semangat kerja sama di antara anggota ALA sebagaimana yang tercantum dalam Konstitusi ALA. Sebaliknya, kondisi pandemi justru memunculkan cara dan metode baru yang sebelumnya dianggap tidak mungkin dilaksanakan atau sekalipun bisa, akan mengeluarkan biaya yang besar.

LIHAT JUGA  Sekretaris Mahkamah Agung Terima Akreditasi Penyelenggara Penilaian Kompetensi Tahun 2021

“Semoga pertemuan ini produktif dan berhasil,” harap Prof. Syarifuddin saat mengakhiri sambutannya.

Turut hadir mendampingi Ketua Mahkamah Agung yaitu. Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung, Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung, Sekretariat Jenderal ALA Indonesia, dan yang lainnya.

Sumber: https://mahkamahagung.go.id/id/berita/4905/ketua-mahkamah-agung-hadiri-governing-council-ala-ke-42

Dalam Kategori: Berita MA

Beri tanggapan (0)