3 Juli 2016

Tugas Pokok dan Fungsi

PEMBAGIAN TUGAS DAN WEWENANG ANTARA KETUA DAN WAKIL KETUA

Berdasarkan SK KPN Sawahlunto Nomor: W3.U3/03/SK/KPN/I/2017 tanggal 9 Januari 2017 telah diatur pembagian tugas dan wewenang antara Ketua dan Wakil Ketua sebagai berikut:

Sebagai Koordinator Pengawasan terhadap:

  1. Keuangan, baik keuangan perkara maupun uang anggaran pendapatan dan Belanja Negara;
  2. Kepegawaian meliputi Hakim, Pejabat Kepaniteraan, Sekretariat dalam kaitannya dengan kemampuan teknis yustisial administrasi.
  3. Peralatan.
  4. Sebagai Ketua Baperjakat.
  5. Sebagai Ketua Tim Penegakkan Disiplin Pegawai.

Dibidang Teknis Yustisial:

  1. Bertanggung jawab/menunjuk Hakim yang menangani perkara pidana cepat, Tipiring dan Tilang dan Perkara Perdata Permohonan.
  2. Bertanggungjawab/Menandatangani penetapan penyitaan, persetujuan penyitaan, penggeledahan.
  3. Membantu KPN mengawasi up-date data-data perkara di SIPP.
  4. Memonitoring Update data-data perkara SIPP termasuk penyelesaian minutasi.
  5. Membantu KPN mengawasi Update data-data perkara di SIPP.
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang bersifat Insidentil.
  7. Melakasanakan tugas-tugas Ketua apabila berhalangan masuk Kantor.

TUGAS HAKIM

  1. Membantu pimpinan pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  2. Melakukan pengawasan yang ditugaskan Ketua untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas, umpamanya mengenai penyelenggaraan administrasi perkara perdata, pidana, Tipikor, Pengadilan Hubungan Industrial dan bagian Kesekretariatan serta pelaksanaan eksekusi, dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan melaporkannya kepada Pimpinan Pengadilan.
  3. Melakukan pengawasan dan pengamatan (KIMWASMAT) terhadap pelaksanaan putusan pidana di Lembaga Pemasyarakatan dan melaporkannya kepada Mahkamah Agung.
  4. Bertanggung jawab sebagai Hakim/Ketua Majelis.
  5. Menetapkan hari sidang dan sita jaminan.
  6. Melakukan persidangan dan bertanggung jawab atas pembuatan dan kebenaran Berita Acara Persidangan dan menandatanganinya sebelum sidang berikutnya.
  7. Mengemukakan pendapat dalam musyawarah;
  8. Menyiapkan dan memaraf naskah putusan lengkap untuk ucapan dan wajib menandatangani putusan yang sudah diucapkan dalam persidangan.
  9. Mempelajari dan mendiskusikan secara berkala kepustakaan hukum yang diterima dari Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung.
  10. Melakukan pengawasan/sebagai Pengawas Bidang berdasarkan Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  11. Melakukan mediasi terhadap perkara perdata yang ditetapkan oleh Ketua.

TUGAS PEJABAT KEPANITERAAN

1. PANITERA

  1. Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  2. Mengatur pembagian tugas pejabat Kepaniteraan.
  3. Panitera dengan dibantu oleh Panitera Muda harus menyelenggarakan administrasi secara cermat mengenai jalannya perkara perdata dan pidana maupun situasi keuangan perkara perdata.
  4. Bertanggung jawab atas pengurusan berkas perkara, putusan, dokumen, akta, buku daftar, biaya perkara, uang titipan pihak ketiga, surat-surat bukti dan surat-surat lainnya yang disimpan di Kepaniteraan.
  5. Membuat akta dan salinan putusan.
  6. Menerima dan mengirimkan berkas perkara.
  7. Melaksanakan eksekusi putusan perkara perdata yang diperintahkan oleh Ketua Pengadilan dalam jangka waktu yang ditentukan.
  8. Bertanggung jawab sebagai Panitera Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  9. Melaksanakan pemberian dukungan di bidang teknis dan administrasi perkara serta menyelesaikan surat-surat yang berkaitan dengan perkara.
  10. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan tugas dalam pemberian dukungan di bidang teknis.
  11. Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara perdata dan pidana.
  12. Pelaksananaan pengelolaan administrasi perkara, penyajian data perkara, dan transparansi perkara.
  13. Pelaksanaan administrasi keuangan dalam program teknis dan keuangan perkara yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, minutasi, evaluasi dan administrasi Kepaniteraan.
  14. Pelaksanaan mediasi.
  15. Pembinaan teknis kepaniteraan dan kejurusitaan.
  16. Sebagai anggota Baperjakat Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  17. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Ketua Pengadilan Negeri.

2. WAKIL PANITERA

  1. Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  2. Membantu Panitera didalam membina dan mengawasi pelaksanaan tugas-tugas administrasi perkara.

3. PANITERA MUDA PIDANA

  1. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  2. Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara pidana.
    • Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan.
    • Memberi nomor register pada setiap perkara dengan acara singkat yang telah diputus Hakim atau diundurkan hari persidangannya.
  3. Mencatat setiap perkara yang diterima kedalam buku daftar disertai catatan singkat tentang isinya.
  4. Menyerahkan salinan putusan kepada Jaksa, terdakwa atau kuasanya serta Lembaga Pemasyarakatan apabila terdakwa ditahan.
    • Menyiapkan berkas perkara yang dimohon banding, kasasi atau peninjauan kembali.
    • Menyiapkan berkas permohonan grasi.
  5. Menyerahkan arsip berkas perkara/permohonan grasi kepada Panitera Muda Hukum.

4. PANITERA MUDA PERDATA

  1. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang pengadilan.
  2. Melaksanakan administarsi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan masalah perkara perdata.
  3. Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan.
  4. Mencatat setiap perkara yang diterima ke dalam buku daftar disertai catatan singkat tentang isinya.
  5. Menyerahkan salinan putusan kepada para pihak yang berperkara bila memintanya.
  6. Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan banding, kasasi atau peninjauan kembali.
  7. Menyerahkan berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum.

5. PANITERA MUDA HUKUM

  1. Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  2. Mengumpulkan, mengolah dan mengkaji data, menyajikan statistik perkara, menyusun laporan perkara, menyusun laporan perkara/permohonan grasi dan tugas lain yang diberikan peraturan perundang-undangan.

6. PANITERA PENGGANTI

  1. Panitera Pengganti membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan baik perdata maupun pidana.
  2. Membantu Hakim dalam hal:
    • Membuat penetapan hari sidang.
    • Membuat penetapan terdakwa tetap ditahan, dikeluarkan dari tahanan atau dirubah jenis penahanannya.
    • Membuat penetapan sita jaminan.
    • Membuat berita acara persidangan yang harus selesai sebelum sidang berikutnya.
    • Melaporkan barang bukti kepada Panitera.
    • Mengetik, mengedit dan mencetak putusan.
    • Melaporkan kepada Panitera Muda Perdata / Pidana untuk dicatat dalam Register perkara tentang:
    • Penundaan hari sidang dan Perkara yang sudah putus termasuk amar putusannya dan mengisinya dalam SIPP.
  3. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Pimpinan.
  4. Mengisi data dalam SIPP secara tepat waktu.

7. JURUSITA

  1. Melaksanakan semua perintah yang diberikan oleh Ketua Pengadilan atau Panitera.
  2. Menyampaikan panggilan, pengumuman-pengumuman, dan pemberitahuan putusan Pengadilan, penyerahan Gugatan, Memori banding, Kasasi, Kontra Memori Banding, Kasasi dan Peninjauan Kembali menurut cara-cara berdasarkan ketentuan undang-undang.
  3. Menyampaikan pengumuman-pengumuman, teguran-teguran, protes-protes dan pemberitahuan putusan Pengadilan menurut cara-cara berdasarkan Undang-Undang.
  4. Melakukan penyitaan atas perintah Ketua Pengadilan Negeri / Majelis Hakim dan dengan teliti melihat lokasi batas-batas tanah yang disita beserta surat- suratnya yang sah apabila menyita tanah.
  5. Membuat Berita Acara Penyitaan, yang salinan resminya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
  6. Melakukan penawaran pembayaran uang pihak ketiga serta membuat Berita Acaranya.
  7. Melaksanakan Eksekusi bersama Panitera.
  8. Melaksanakan tugasnya di wilayah hukum Pengadilan Negeri Sawahlunto.

TUGAS PEJABAT KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan Pengadilan Negeri Sawahlunto adalah aparatur tata usaha negara yang dalam menjalankan tugas dan fungsinya berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto.

Kesekretariatan Pengadilan Negeri Sawahlunto mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana di lingkungan Pengadilan Negeri Sawahlunto.

1. SEKRETARIS

  1. Melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumberdaya manusia, serta sarana dan prasarana di lingkungan Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  2. Penyiapan bahan pelaksanaan urusan perencanaan program dan anggaran.
  3. Melaksanakan tugas-tugas yang didelegasikan oleh pimpinan.
  4. Penyiapan bahan pelaksanaan urusan perencanaan program dan anggaran.
  5. Pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, penyiapan bahan pelaksanaan penataan organisasi dan tata laksana serta pelaksanaan pengelolaan teknologi informasi dan statistik.
  6. Pelaksanaan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, hubungan masyarakat dan perpustakaan.
  7. Penyiapan bahan pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan di lingkungan Kesekretariatan Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  8. Sebagai Anggota Susunan BAPERJAKAT Pengadilan Negeri Sawahlunto.
  9. Melaksanakan pemberian dukungan di bidang administrasi, organisasi, keuangan, sumberdaya manusia, serta sarana dan prasarana di lingkungan Pengadilan Negeri.

Unit Kesekretariatan ini dibagi dalam 3 (tiga) sub yaitu:

  1. Sub Bagian Umum dan Keuangan
  2. Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana
  3. Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan

2. SUB BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN,
Bertugas:

  1. Melaksanakan penyiapan pelaksaan urusan surat menyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan, keprotokolan, hubungan masyarakat, perpustakaan serta pengelolaan keuangan.
  2. Koordinator dan penanggung jawab seluruh kegiatan dan tugas-tugas di Bagian Umum dan Keuangan.
  3. Menyusun Rencana Kerja di Bagian Umum dan Keuangan.
  4. Melakukan pembinaan serta pengawasan melekat pada staf lingkungan Bagian Umum dan Keuangan.
  5. Membuka surat-surat dinas masuk dan memberi kode surat-surat penting.
  6. Mengkoordinasikan pengiriman surat keluar untuk memperlancar penyampaian informasi.
  7. Menyiapkan penyelenggaraan Urusan Perpustakaan Kantor.
  8. Menyelenggarakan pemeliharaan alat perlengkapan kantor, gedung kantor dan rumah dinas sesuai dengan rencana dan anggaran yang telah ditetapkan.
  9. Koordinator pelaksanaan pengamanan lingkungan kantor dan menyusun jadwal piket jaga Kantor.
  10. Koordinator pelaksanaan kebersihan gedung, halaman serta lingkungan kantor.
  11. Mengkoordinasikan Pelaporan SABMN.
  12. Menyiapkan dan menyusun Laporan Urusan Umum dan Keuangan.
  13. Koordinator Pelaksanaan Kebersihan Kantor.
  14. Melakukan pengawasan dalam urusan keuangan yang bersumber dari pelaksanaan APBN.
  15. Menandatangani Surat Perintah Membayar (SPM) dan Surat Permintaan Pembayaran (SPP).
  16. Meneliti Pembukuan Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerimaan.
  17. Meneliti Perhitungan Belanja Pegawai.
  18. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan.

3. SUB BAGIAN KEPEGAWAIAN, ORGANISASI DAN TATALAKSANA,
bertugas:

  1. Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan unsur kepegawaian, penataan organisasi dan tatalaksana.
  2. Melaksanakan Tugas-tugas dan bertanggung jawab seluruh aktifitas bagian Kepegawaian.
  3. Mengkoordinasikan urusan Kepegawaian, Kepangkatan dan lain-lain pada atasan.
  4. Membuat dan menyusun Kalender Kerja dan Rencana Kerja Bagian Kepegawaian.
  5. Meneliti dan menganalisa data pegawai.
  6. Memberikan dan melakukan Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai (DP 3) pada staf kepegawaian.
  7. Melakukan pengawasan peningkatan pelaksanaan tugas dan pengarahan pada staf kepegawaian.
  8. Sebagai Sekretaris merangkap anggota Baperjakat.
  9. Mengelola dan membuat usulan-usulan yang ada kaitannya dengan kepegawaian.
  10. Menyusun usul pemberian penghargaan, tanda kehormatan dan bentuk-bentuk penghargaan lainnya.
  11. Menganalisa data pegawai untuk menyiapkan DUK Pegawai Negeri.
  12. Melaksanakan tugas-tugas yang didelegasikan oleh pimpinan.

4. SUB BAGIAN PERENCANAAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELAPORAN,
bertugas:

  1. Melaksanakan penyiapan bahan pelaksanaan, program, dan anggaran, pengelolaan teknologi informasi dan statistik.
  2. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan.
  3. Pengelolaan teknologi informasi dan statistik.
  4. Melakukan pembinaan serta pengawasan melekat pada staf Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  5. Melakukan penilaian pelaksanaan pekerjaan kepada staf Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
  6. Melaksanakan pemantauan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan.
  7. Melaksanakan tugas-tugas yang didelegasikan oleh pimpinan.

3,729 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini